Minggu, 09 Januari 2011

Antara ISL dan IPL

ISL VS LPI (IPL)
Sabtu, 8 januari 2011 kemarin bergulir sebuah liga sepak bola profesional baru di indonesia. Liga itu bernama Liga primier indonesia (LPI) dalam bahasa inggris dekenal dengan nama Indonesia Primier league(IPL). Ini merupakan sebuah fenomena baru, sekaligus menggemparkan pesepakbolaan nasional. Hal ini dikarenakan di indonesia telah dikenal sebuah liga tertinggi yang bernama Indonesia super league(ISL) di bawah naungan PSSI sebagai induk organisasi sepak bola nasional.

PSSI mengatakan bahwa LPI merupakan sebuah liga yang ilegal. PSSI mengancam akan memberikan sangsi kepada pemain, klub serta pihak pihak yang ikut serta dalam IPL. Hal ini dibuktikan dengan terancamnya posisi Irfan Bachdim di timnas indonesia U-23. Pelatih Indonesia Alferd Ried bahkan mengatakan bahwa seorang yang akan bermain untuk timnas harus diakui oleh FIFA, yaitu dengan bermain diliga resmi (ISL).

Pihak penyelenggara LPI, menyatakan bahwa penyelenggaraan LPI tidak melanggar hukum karena sesuai dengan rekomendasi Kongres Sepak Bola Nasional yang dilaksanakan di Malang pada Maret 2010. Pihak penyelenggara IPL juga mengatakan berkali kali meminta ijin dari PSSI, namun IPL mengatakan bahwa PSSI tidak memberikan izin serta alasan yang jelas terhadap penolakan terhadap penyelenggaraan IPL.

Sebagai bangsa indonesia tentunya kita berharap agar masalah ini tidak menimbulkan perpecahan dalam sepak bola tanah air. Karena hal itu dapat meberikan kerugian bagi kita sendiri, semoga PSSI dapat mengambil keputusan yang tepat dalam menyelesaikan persoalan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar