Jumat, 23 Juli 2010

Rahasia Bulan Sya'ban


Ehm… ada info menarik seputar bulan ni. . . bukan bulan juli, melainkan bulan Sya’ban. Udah kenalan dengan bulan itu??? Semoga saja sudah. Karena Sya’ban merupakan salah satu nama bulan dalam tahun komariah (hijriah), yang tahun ini bertepatan dengan bulan juli.

Tahukah kamu, ternyata bulan Sya’ban memiliki keistimewaan dan kemulian. Keistimewaan dan kemuliannya bulan ini terletak pada pertengahannya, sehinggga disebut nisfu Sya’ban. Nisfu artinya setengah atau seperdua, dan Sya’ban adalah bulan kedelapan dari tahun hijriah. Nisfu Sya’ban secara harfiah berarti hari atau malam pertengahan bulan Sya’ban atau tanggal 15 Sya’ban. Kata Sya’ban sendiri berasal dari kata sya’ib yang artinya jalan diatas gunung.

Menurut relung Ensiklopedia Panjimas, bulan kedelapan dari tahun hijriah itu disebut Sya’ban karena pada bulan itu ditemukan banyak jalan untuk mencapai kebaikan. Malam Nisfu Sya’ban dimuliakan oleh sebagian kaum muslimin karena pada malam itu diyakini dua malaikat pencatat amalan manusia (Raqib dan Atib) menyerahkan catatan amalan manusia kepada Allah SWT. Dan pada malam itu juga catatan-catatan itu diganti dengan catatan baru.

Diriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda “Bulan Sya’ban itu bulan yang biasa dilupakan orang, karena leteknya antara bulan rajab dengan bulan ramadhan. Ia adalah bulan diangkatnya amal-amal oleh tuhan. Aku menginginkan saat diangkat amalku aku dalam keadaan sedang berpuasa.” (HR. Nasa’I dari Usamah). Menurut periwayatan imam bukhari, Nabi Muhammad SAW paling banyak berpuasa pada bulan Sya’ban. Lebih dari itu, pada malam nisfu Sya’ban Allah SWT menurunkan menurunkan kebaikan kepada hambanya yang berbuat baik pada malam itu. Kebaikan – kebaikan itu berupa syafa’at (pertolongan), marfirah (ampunan), dan itqun min azab (pembebeasan dari siksa ). Oleh karena itu, nama Nisfu Sya’ban diberi nama yang berbeda sesuai dengan penekanan kebaikanya.

Ehm, sekarang udah tahukan keistimewaan dan kemuliaan bulan ini, jadi kita tak hanya sekedar thu nama, tapi juga keistimewaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar