Selasa, 11 Mei 2010

Teori pembentukan jagat raya


Kita tentu mengetahui bahwa ada banyak teori yang membahas terbentuknya alam semesta. Mulai dari toeri keadaan tetap, teori nebula, teori osilasi dan mungkin teori yang terkenal saat ini adalah teori Big Bang. Teori ini dikemukakan pertama kali oleh kosmolog abbe lemaitre pada tahun 1920-an.

Orang orang beranggapan bahwa teori Big bang hanyalah sebuah peristiwa ledakan besar yang terjadi milyaran tahun yang telah lalu. Akan tetapi Teori ini sebenarnya menyatakan bahwa alam semesta ini berasal dari kondisi super padat dan panas, yang kemudian mengembang sekitar 13.700 juta tahun lalu. Pernyataan ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Astronom Amerika Serikat, Edwin Hubble. Pada tahun 1929. Dia melihat Galaksi yang jauh dan bergerak selalu menjauhi kita dengan kecepatan yang tinggi. Ia juga melihat jarak antara Galaksi-galaksi bertambah setiap saat. Penemuan Hubble ini menunjukkan bahwa Alam Semesta kita tidaklah statis seperti yang dipercaya sejak lama, namun bergerak mengembang. Kemudian ini menimbulkan suatu perkiraan bahwa Alam Semesta bermula dari pengembangan di masa lampau yang dinamakan Dentuman Besar.

Dari pernyataan diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa dahulunya alam semesta adalah satu. Tahukah anda sebenaranya pernyataaan ini telah ada berabad-abad yang lalu. Yaitu dalam Al-Qur’an surah ke 21 (Al-Anbiaya:30) yaitu : “… bahwasanya langit dan bumi itu keduanya adalah satu padu, kemudian kami pisahkan antara keduanya.

Itulah salah satu kebenaran dan keajaiban yang terdapat dalam Al-Qur’an yang dapat kita buktikan sekarang.

1 komentar: