Sabtu, 19 Februari 2011

Muhammad sosok idola

"Sesungguhnya Telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah." (Q.S. Al Ahzab 33:21)
Memasuki bulan rabiul awal ini, kita tentunya akan ingat sosok yang sangat berpengaruh didunia, sosok yang menjadi panutan, bahkan sosok yang kelahirannya adalah merupakan rahmat bagi semesta alam. Dia adalah Nabi Muhammad SAW. Sekarang mungkin telah banyak generasi muda kita yang melupakan beliau, atau bahkan tidak kenal dengan sosok beliau ini. Hal ini dikarenakan perkembangan global yang begitu pesat, sehingga Muhammad yang semestinya menjadi idola generasi mudas islam trgantikan oleh nama nama lain seperti michael jacksen, michael jordan, atau bintang binatng lainnya.

Sekilas sejarah tentang Muhammad, beliau dilahirkan di jazirah arab. Dia lahir tanggal 12 rabiul awal tahun gajah, bertepatan dengan 20 April 571 M di Mekkah. Ayahnya bernama Abdullah bin Abdul Muthalib, dan ibunya adalah siti aminah binti wahab. pada Saat dilahirkan, nabi sudah ditinggal ayah tercintanya. Saat beliau masih kecil, dia diasuh oleh Halimah Sa'diah. Pada usia lima tahun, nabi muhammad dikembalikan kepada ibu tercintanya. Setahun bersama ibunya, nabi harus ditinggal ibu tercintanya saat berusia enam tahun. Dua tahun berlalu, nabi kemudian ditinggal oleh kekenya, dia kemudian hidup bersama pamannya Abu thalib. Bersama pamannya beliau berdagang di jazirah arab. Saaat berusia 15 tahun, beliau dan pamannya bertemu dengan seorang pendeta yang melihat tanda tanda kenabian beliau. pendeta itu menyarankan aagr mereka kembali ke mekkah.
Singkat cerita, muhammad diangkat menjadi nabi dan rasul saat berusia 40 tahun. Bertepatan dengan tanggal 17 ramadhan saat beliau menerima wahyu pertama di gua hira. Beliau meninggal pada tanggal 12 rabiul awal tahun 11 hijriah, bertepatan dengan 8 juni 632 M.

Semasa hidunya, nabi muhammad SAW dikenal sebagai seorang yang jujur, amanah dan berakhlak mulia. Saat menyebarkan agama islam, beliau sering diperlakukasn kasar oleh orang jahiliah. Namun dengan kesabaran yang beliau miliki, sekarang islam telah tersebar diseluruh penjuru dunia. Perilaku Nabi inilah yang seharusnya kita jadikan Hikmah atau pelajaran dalam menjalani kehidupan didunia ini.

Sebagai seorang yang cinta dengan Muhammad SAW, hal yang harus kita lakukan adalah:
1. Banyak bershalawat kepada beliau. Mengapa? kerena Allah dan para malaikat saja bershalawat kepada nabi. Sudah sepantasnya kita sebagai hamba allah bershalwat. hal ini terdapat dalam Q.S Al Ahzab 33:56-57)
Artinya: "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. Sesungguhnya orang-orang yang menyakiti Allah dan Rasul-Nya. Allah akan melaknatinya di dunia dan di akhirat, dan menyediakan baginya siksa yang menghinakan."

2. Kita harus melakukan apa yang dicontohkan oleh nabi muhammad SAW.

3. Kita harus berpegang teguh kepada apa yang di tinggalkannya, yaitu Al-Qur'an dan hadist. Hal ini sesuai dengan hadist beliau saat berhaji wada'.
"kutinggalkan  untukmu dua perkara, tidaklah kamu tersesat selama lamanya, selama kamu masih berpegang kepada keduanya, yaitu kitabullah(al-Qur'an) dan sunnah rasulnya." (al hadist)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar